BAGAIMANA MENGECEK PLAGIAT SEBUAH TULISAN

Plagiat adalah jalan termudah untuk menulis sesuatu, namun jalan tersebut adalah jalan yang sangat tidak terpuji. Meski kata-kata plagiat mungkin baru popular belakangan ini, namun kerjaan atau prilaku plagiat telah tumbuh sejak jaman dahulu. Kita mungkin tidak menyadari bahwa prilaku kita menyontek teman saat sekolah dan buat PR merupakan salah satu bentuk dari plagiat itu sendiri.

Plagiat pada masa sekarang mungkin akibat kecanggihan teknologi, prilaku plagiat merambah dunia maya. Banyak artikel copas alias copi paste yang beredar di internet tanpa kita tahu siapa sebenarnya pembuatnya karena banyak tulisan serupa atau sama tidak menyebut sumber. Tidak salah memang kita mengambil tulisan atau artikel orang tapi ingat jangan lupa cantumkan sumber yang jelas sehingga orang tahu bahwa siapa yang membuat pertama kali.

Bicara plagiat, saat ini secara online tersedia banyak tools yang bisa digunakan untuk mengecek apakah artikel kita atau tulisan kita atau bahkan tulisan anak didik kita suatu plagiat apa bukan. Beberapa tools ataupun website yang menyediakan fasilitas tersebut, diantaranya :

1. Plagiarism-Checker

ini lumanya mudah karena tinggal kita copi pastekan tulisan kita akan muncul yang mana yang plagiat atau duplikat. 
Langkah-langkah pengecekannya :
Silahkan buka websitenya http://smallseotools.com/plagiarism-checker/ sehingga muncul halaman seperti dibawah,
 
lalu siapkan tulisan artikel/jurnal/tugas kita yang mau dicek, pastekan ke tempat yang disediakan.  Lalu cek centang “I'm not a robot” lalu akan muncul gambar verifikasi seperti dibawah (ini contohnya ya), 
klik digambar sesuai perintah, maka gambar tersebut akan hilang. Selanjutnya klik ceck plagiarism atau check grammar mana yang anda butuhkan, maka akan muncul halaman dibawahnya yang menjelaskan tentang berapa persen plagiatnya, kalau yang saya cek dapat 0% Plagiarism dan 100% Unique. (lihat contoh tampilan berikut)
Selesai pengecekan plagiat, sangat sederhana bukan ????.

2. Plagiarisma

Bagi yang merasa kurang melalui web diatas karena artikel harus kita copi pastekan satu persatu, ada pilihan website yang memberikan kemudahan kita tinggal atau bisa upload file langsung kemudian akan dianalisis. 

Langkah-langkahnya 
Silahkan buka dulu webnya plagiarisma.net
Kemudian daftar dulu kalau mau dapat yang mudah, tanpa daftar juga bisa Cuma ya sekali lagi fasilitas yang diberikan terbatas. Daftar gratis tak perlu bayar kecuali memang ingin mendapatkan pelayanan yang lebih ada pilihan berbayarnya.

Catatan : mengenai langkah-langkah yang lebih jelas dan beberapa situs cek plagiat lainnya akan saya posting (kalau tidak lupa) di kali lain ya

0 Response to "BAGAIMANA MENGECEK PLAGIAT SEBUAH TULISAN"

Post a Comment